Distributor Fluke
Distributor Fluke
Customer Services
(021) 2908-5810
/
628111333128
Proses pengujian baru pada katup kontrol

Proses pengujian baru pada katup kontrol

Katup dibuka dan ditutup secara proporsional, dan tingkat pergerakannya divariasikan tergantung dari sinyal bervariabel antara 4 - 20 mA yang diberikan ke inputnya. Banyak katup memiliki sinyal feedback yang menunjukkan posisi aktual sebagai nilai persentase buka/tutup. Output ini bisa berupa sinyal 4 - 20 mA atau variabel HART digital yang mencerminkan persentase 0 - 100 dari rentang kerja katup kontrol.

Indikator penting lainnya tentang kinerja katup adalah tekanan yang dibutuhkan oleh katup untuk bergerak ke posisi yang diinginkan. Misalnya, katup dapat diprogram untuk mengetahui apakah jika sinyal 12 mA diberikan, katup tersebut bisa terbuka sebesar 50%. Elektronik pintar akan mengontrol apakah regulator tekanan pintar diperlukan guna menaikkan atau menurunkan tekanan saat dibutuhkan untuk menggerakkan elemen kontrol ke posisi yang diinginkan.

Memberikan sinyal mA yang bervariasi sambil sekaligus memonitor milliamp output atau persentase sinyal pergerakan akan memberitahu Anda apakah suatu katup kontrol beroperasi dengan baik pada rentang kerjanya. Demikian pula, memonitor dan mencatat tekanan yang diberikan ke elemen kontrol akhir sambil memvariasikan sinyal input 4 - 20 mA ke katup adalah pengujian penting untuk mengidentifikasi apakah katup macet. Hubungan antara tekanan dan mA atau posisi katup biasanya akan linear jika katup beroperasi dengan baik. Jika diperlukan tekanan tambahan, hal ini seringkali dapat dipertimbangkan untuk katup yang macet dan akan ditampilkan jika pengukuran dicatat dan diplot dalam grafik. Dengan mencatat sinyal-sinyal ini, kinerja katup dapat didokumentasikan. Pengujian yang didokumentasikan dan hasilnya ini biasanya disebut "karakteristik” katup.

Katup biasanya menyertakan indikator manual sederhana yang memberi Anda perkiraan tentang persentase pergerakan untuk menentukan kapan beroperasi. Akan tetapi indikator ini tidak menunjukkan kepada Anda bagaimana katup akan beroperasi pada kondisi dinamis dan berubah, dan akurasinya tidak terjamin.