Distributor Fluke
Distributor Fluke
Customer Services
(021) 2908-5810
/
628111333128
Kamera Pencitraan Termal untuk Inspeksi Bangunan dan Rumah

Kamera Pencitraan Termal untuk Inspeksi Bangunan dan Rumah

Thermal Imaging
Jika kebocoran panas melalui sistem HVAC tidak terdeteksi dan ditangani, konsumsi energi akan makin boros. Biaya yang ditanggung oleh pemilik rumah dan bisnis pun makin membengkak. Beberapa tahun lalu, Chip Wade, kontraktor profesional menjelaskan satu kiat kepada kami. Ia mengatakan bahwa memeriksa sistem HVAC dengan teknologi pencitraan termal merupakan cara terbaik dan tercepat untuk menunjukkan sumber kebocoran energi HVAC kepada pemilik rumah dan bisnis.

Ada beberapa hal tidak pernah berubah.

Sejak dipublikasikannya video dari Chip, inovasi dalam teknologi pencitraan termal kini mampu menghasilkan citra dan video yang lebih detail. Dalam beberapa kasus pun, inovasi tersebut mampu mendeteksi imbas masalahnya.

Tonton video Chip yang mengajak kita menjelajahi rumah berusia 100 tahun untuk memahami penggunaan pencitraan termal guna mengidentifikasi kebocoran panas secara cepat dan efisien melalui sistem HVAC.



Transkrip:

“Saat melakukan pemeriksaan rumah yang akan dijual atau direnovasi, efisiensi energi adalah salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Sudah barang tentu, inilah yang berkutat di benak sang pembayar tagihan energi.

Fluke TiR1 thermal imager adalah alat terbaik untuk memeriksa kebocoran panas di saluran pipa, dinding, dan sekitar ventilasi. Seperti yang kita duga, ada beberapa area di rumah berusia ratusan tahun ini yang perlu diperbaiki.

Pertama, ventilasi. Idealnya, saat menutup ventilasi, Anda tidak ingin ada udara panas keluar dari situ. Coba lihat ventilasi tertutup ini melalui Fluke TiR1. Ventilasi tua ini tidak tertutup rapat sehingga ada kebocoran energi.

Sekarang kita berada di kamar mandi lantai atas. Di sini ada masalah yang sudah menyebar di saluran pipa rumah ini. Jika Anda melihat ventilasi tertutup ini melalui pencitra, tampak panas keluar dari keempat sisinya. Jika melihat di sebelah kanan, panas akan keluar dari atas dan bawah baseboard. Artinya, ada kerusakan sambungan pipa dan insulasinya sangat minim. Ini, kebocoran energi ini bisa membuat tagihan pemilik rumah membengkak.

Mari kita menuju ke basement untuk melihat kondisi saluran pipa.

Nah, kita sudah di basement. Dengan mendongak, bisa dilihat bahwa tidak ada insulasi di saluran pipa ini. Menggunakan Fluke TiR1, Anda bisa melihat dan menjelaskan semuanya kepada klien. Cukup lihat warna oranye cerah itu.

Pemilik rumah ini terus memanaskan suhu basement tanpa sepengetahuannya. Artinya, ruang keluarga tidak mendapatkan panas yang dibutuhkan. Bagi pemilik rumah, ini adalah pemborosan.”